Student Exchange - Japan

Student Exchange
Japan, 17 November 2014
Oleh :
Mahasiswa Teknik Pertanian FTP - UNUD

Pada tanggal 17 November 2014 saya dipilih oleh Jurusan untuk mengikuti Student Exchange di Jepang, yaitu di Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT) dan mengikuti Winter Course di Ibaraki University. Program Studen Exchange didanaioleh JASSO Scholarship daripemerintahJepangsebesar 160. 000 yen (Rp. 16 000 000).Spesifikasi menjadi mahasiswa student exchange adalah dapat berbahasa asing seperti bahasa inggris atau jepang dan berperilaku, disiplin dan jujur.
Kegiatan yang Student Exchange berlangsungselama 33 hari yang berpusat di Tokyo, adapun kegiatan ini diikuti oleh universitas-universitas negeri di Indonesia, antara lain Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Udayana (UNUD).Kegiatan student exchange mengajak mahasiswa untuk ikut belajar di Laboratorium-Laboratorium yang ada di TUAT. Untuk pemilihan Lab. Ditentukan oleh jurusan teknik pertanian dengan fasilitator Prof. Anom atau dipilihkan oleh pihak TUAT. Selama 3 minggu peserta student exchange di ajak untuk mengikuti kegiatan laboratorium, seperti menganalisis tanah, mempelajari alat dan mesin pertanian, mempelajari budaya jepang dan presentasi akhir penelitian yang dilakukan di Indonesia.
Setelah mengikuti kegiatan laboratorium kemudian dilanjutkan dengan mengikuti Winter Course selam satu minggu. Kegiatan Winter Course mengajarkan peserta tentang teknologi bertani, pengelolaan air dan budaya jepang. Dalam kegiatan winter course dikenalkan bahwa jepang memiliki Greenhouse Tropis yang ada di Tsukuba University. Dalam kunjungan ke greenhouse, peserta diajarkan sistem yang digunakan dan tanaman yang dikembangkan di dalam green house.
Setelah mengikuti kegiatan greenhouse peserta diajak kepengelolaan air minum Jepang dimana jepang mengolah air limbah rumah tangga dan pabrik menjadi air siap minum, setelah itu diajak jalan-jalan ke museum budaya kuno jepang. Setelah mengunjungi tempat-tempat tersebut peserta di bagi menjadi beberapa kelompok untuk mempresentasikan pengalaman yang didapatkan oleh peserta. Setelah kegiatan Winter Course peserta kembali ke Tokyo untuk mengikuti perayaan perpisahan dengan mahasiswa Indonesia lainnya, seperti dari mahasiswa Asean, mahasiswa Asia, Afrika, dan Eropa.




photo pertama kali saya di jepang untuk mencari sampel tanah untuk di analisis dengan spektrometer





Photo dilahan percobaan Tokyo University of Agricultur and Teknologi. Luasnya lebih dari satu hektar dan di tanami berbagai tanaman.



Photo dengan teman saya Fajardo Simatupang dari IPB (Institut Pertanian Bogor) bersama 2 mahasiswa junior TUAT setelah praktikum memanen umbi Taro.
 — bersama Edo Masberto.



jalan-jalan di Tokyo station



di Laboratorium Presicion Agriculture saat menganalisin tanah dari daerah Fukushima. Fukushima adalah daerah yang terkena radiasi nuklir thn 2011, dan tanah fukushima sudah bebas radiasi dan baik untuk pertanian



Unversitas Top Tokyo, universitas terkemuka di tokyo.



 suasana kantin di universitas" di jepang. Bersih dan nyaman.




Kuil Asakusa



Ruang kuliah di TUAT

Besama teman dari jepang Kuma and Kana Inoue


Bersama Ana and Kuma

Kampus TUAT khusus pertanian



Halaman depan kampus TUAT

Kampus TUAT khusus Teknologi

Share on Google Plus

About Himateta Unud

HIMATETA UNUD adalah sebuah organisasi kemahasiswaan dibawah naungan Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar