VISI


“Menjadi institusi pendidikan yang unggul, mandiri dan berbudaya dalam menyelenggarakan Tridharma di bidang teknik pertanian pada tingkat nasional tahun 2020 dan tingkat Asia di tahun 2025”

Untuk lebih memperjelas makna dari rumusan visi tersebut, maka dipaparkan tentang pengertian dari beberapa kata kunci sebagai berikut.

1.      Unggul, berarti Prodi Teknik Pertanian FTP Unud harus menghasilkan LULUSAN dan atau IPTEK yang unggul. Lulusan yang unggul berarti meraih prestasi akademik dan non-akademik yang tinggi, lulus tepat waktu, dan diterima di dunia kerja sesuai kompetensinya dalam tempo sesingkat-singkatnya. Iptek yang unggul berarti karya ilmiah yang memperoleh Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), terpublikasikan pada berbagai media ilmiah nasional maupun internasional serta mendukung peningkatan kualitas pelaksanaan Tridharma.

2.      Mandiri, berarti Prodik Teknik Pertanian FTP Unud harus memiliki sumberdaya sendiri secara memadai dan mampu memberdayakannya secara mandiri.  Sumberdaya prodi mencakup SDM, sarana dan prasarana, keuangan, data dan aset baik fisik maupun non-fisik. Sumberdaya yang dimiliki Prodi Teknik  Pertanian FTP Unud harus diberdayakan secara mandiri  dalam upaya mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan dan  pengelolaan program pendidikan yang akuntabel, transparan, berpenjaminan mutu, efisien dan efektif. Selain itu,     Prodi Teknik Pertanian, sebagai lembaga pendidikan S-1 memiliki otonomi menentukan bidang iptek unggulannya sebagai penciri jatidiri dan sekaligus keunikan. .

3.      Berbudaya, berarti Prodi Teknik Pertanian FTP Unud meyakini dan menerapkan NILAI-NILAI yang mendukung peningkatan produktivitas menuju KEUNGULAN BERSAING. Prodi Teknik Pertanian FTP Unud meyakini dan menerapkan nilai-nilai yang mencakup nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia, nilai-nilai humaniora untuk menjamin keberlanjutan, nilai-nilai akademis untuk menegakkan kebenaran ilmiah, nilai-nilai kearifan lokal Bali seperti  “ Tatwam Asi”dan ” Tri Hita Karana” dan nilai-nilai budaya unggulan Bali, seperti  “saling asah-saling asuh” , dan “paras-paros segilik saguluk sabayantaka” sebagai bekal menuju go internasional.


    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar